Luffy - One Piece

Selasa, 11 Maret 2014

pengertian LAN, MAN Dan WAN

1.       Pengertian
Pengertian LAN,WAN,MANLocal Area Network
Local Area Network biasa disingkat LAN adalah jaringan komputer yang jaringannya hanya mencakup wilayah kecil; seperti jaringan komputer kampus, gedung, kantor, dalam rumah, sekolah atau yang lebih kecil. Saat ini, kebanyakan LAN berbasis pada teknologi IEEE 802.3 Ethernet menggunakan perangkat switch, yang mempunyai kecepatan transfer data 10, 100, atau 1000 Mbit/s. Selain teknologi Ethernet, saat ini teknologi 802.11b (atau biasa disebut Wi-fi) juga sering digunakan untuk membentuk LAN. Tempat-tempat yang menyediakan koneksi LAN dengan teknologi Wi-fi biasa disebut hotspot.
Pada sebuah LAN, setiap node atau komputer mempunyai daya komputasi sendiri, berbeda dengan konsep dump terminal. Setiap komputer juga dapat mengakses sumber daya yang ada di LAN sesuai dengan hak akses yang telah diatur. Sumber daya tersebut dapat berupa data atau perangkat seperti printer. Pada LAN, seorang pengguna juga dapat berkomunikasi dengan pengguna yang lain dengan menggunakan aplikasi yang sesuai.
Berbeda dengan Jaringan Area Luas atau Wide Area Network (WAN), maka LAN mempunyai karakteristik sebagai berikut :

WAN
WAN adalah singkatan dari istilah teknologi informasi dalam bahasa Inggris: Wide Area Network merupakan jaringan komputer yang mencakup area yang besar sebagai contoh yaitu jaringan komputer antar wilayah, kota atau bahkan negara, atau dapat didefinisikan juga sebagai jaringan komputer yang membutuhkan router dan saluran komunikasi publik.
WAN digunakan untuk menghubungkan jaringan lokal yang satu dengan jaringan lokal yang lain, sehingga pengguna atau komputer di lokasi yang satu dapat berkomunikasi dengan pengguna dan komputer di lokasi yang lain.

MAN
Metropolitan area network atau disingkat dengan MAN. Suatu jaringan dalam suatu kota dengan transfer data berkecepatan tinggi, yang menghubungkan berbagai lokasi seperti kampus, perkantoran, pemerintahan, dan sebagainya. Jaringan MAN adalah gabungan dari beberapa LAN. Jangkauan dari MAN ini antar 10 hingga 50 km, MAN ini merupakan jaringan yang tepaMetropolitan area network atau disingkat dengan MAN. Suatu jaringan dalam suatu kota dengan transfer data berkecepatan tinggi, yang menghubungkan berbagai lokasi seperti kampus, perkantoran, pemerintahan, dan sebagainya. Jaringan MAN adalah gabungan dari beberapa LAN. Jangkauan dari MAN ini antar 10 hingga 50 km, MAN ini merupakan jaringan yang tepat untuk membangun jaringan antar kantor-kantor dalam satu kota antara pabrik/instansi dan kantor pusat yang berada dalam jangkauannya.


2.       Kelebihan Dan KekuranganKelebihan LANKelebihan LAN sendiri yaitu membolehakan pengguna mengkongsikan sumber komputer atau berbagi sumberdaya (resource sharing). Konfigurasi keterhubungan antara beberapa komputer menggunakantopologi.
Kekurangan LANKekurangan LAN memiliki keterbatasan dalam media transmisi dan jangkauan pada penggunaanya. Kekurangan lain lainnya adalah pada sistem keamanan yang dimilikinya, sistem keamanan pada LAN menggunakan WEP, tetapi WEP hanya menyediakan protokol keamanan yang sangat minimum.


- Metropolitan Area Network (MAN)Kelebihan MANKelebihan MAN yaitu dalam jangkauan media transmisi daripada LAN, dan mempunyai kelebihan datatrasfer rate yang lebih besar daripada LAN.

Kekurangan MAN
Kekurangan MAN kebanyakan bersaing dalam masalah terminal, yang akhirnya mengganggu jaringan dalam berkomunikasi satu dengan lainnya.
- Wide Area Network (WAN)
Kelebihan WANBerikut ini merupakan kelebihan WAN (Wide Area Network)·                 Bisa diakses dengan jangkauan area geografis yang luas sehingga melakukan aktifitas jarak jauh dapat menggunakan jaringan ini.
·                 Dapat berbagi (share) software dan resources dengan menggunakan workstation.
·                 Semua orang yang berada dalam jaringan MAN dapat berbagi data yang sama.
·                 Dapat berbagi file share pada area yang luas.
Kekurangan WANBerikut ini merupakan kekurangan WAN (Wide Area Network)·                 Biaya operasional yang mahal dan umunya lambat.
·                 Memerlukan firewall yang bagus untuk mencegah pengguna dari luar masuk dan mengganggu pengguna yang didalam.
·                 Keamanan dari pengguna nakal (hacker, virus maker) menambah biaya pada sistem keamanan MAN.
  • Informsi tidak memenuhi kebutuhan lokal maupun kepentingan sendiri


3.     Perbedaan LAN, MAN, WAN
1. LAN (Local Area Network
Jaringan yang menghubungkan komputer pribadi dan workstation dalam suatu tempat yang menggunakan perlatan secara bersama-sama dan salaing bertukar informasi. Radius jarak maximal LAN adalah 10 km.
2. MAN (Metropolitan Area Network)
Alternatif jaringan/Jaringan yang menghubungkan jaringan LAN yang masih dalam wilayah satu kota. Radius jarak maximal MAN adalah 10 - 50 km
3. WAN (Wide Area Network)
Jaringan yang menghubungkan komputer ataru jaringan LAN dalam area yang lebih luas dan dihubungkan melalui telepon atau satelit, WAN sering disebut juga Internet

4.       Contoh dari jaringan
CONTOH DARI JARINGANInternetSebenarnya terdapat banyak jaringan didunia ini, seringkali menggunakan perangkat keras dan perangkat lunak yang berbeda-beda . Orang yang terhubung ke jaringan sering berharap untuk bisa berkomunikasi dengan orang lain yang terhubung ke jaringan lainnya. Keinginan seperti ini memerlukan hubungan antar jaringan yang seringkali tidak kompatibel dan berbeda. Biasanya untuk melakukan hal ini diperlukan sebuah mesin yang disebut gateway guna melakukan hubungan dan melaksanakan terjemahan yang diperlukan, baik perangkat keras maupun perangkat lunaknya. Kumpulan jaringan yang terinterkoneksi inilah yang disebut dengan internet.
INTRANET
Intranet adalah sebuah jaringan komputer berbasis protokol TCP/IP seperti internet hanya saja digunakan dalam internal perusahaan, kantor, bahkan warung internet (WARNET) pun dapat di kategorikan Intranet. Antar Intranet dapat saling berkomunikasi satu dengan yang lainnya melalui sambungan Internet yang memberikan tulang punggung komunikasi jarak jauh. Akan tetapi sebetulnya sebuah Intranet tidak perlu sambungan luar ke Internet untuk berfungsi secara benar. Intranet menggunakan semua protocol TCP/IP Protokol TCP/IP, alamat IP, dan protokol lainnya), klien dan juga server. Protokol HTTP dan beberapa protokol Internet lainnya (FTP, POP3, atau SMTP) umumnya merupakan komponen protokol yang sering digunakan. sebuah intranet dapat dipahami sebagai sebuah "versi pribadi dari jaringan Internet", atau sebagai sebuah versi dari Internet yang dimiliki oleh sebuah organisasi.
Jika sebuah badan usaha / bisnis / institusi mengekspose sebagian dari internal jaringannya ke komunitas di luar, hal ini di sebut ekstranet. Memang biasanya tidak semua isi intranet di keluarkan ke publik untuk menjadikan intranet menjadi ekstranet. Misalnya kita sedang membeli software, buku dll dari sebuah e-toko, maka biasanya kita dapat mengakses sebagian dari Intranet toko tersebut. Badan usaha / perusahaan dapat memblokir akses ke intranet mereka melalui router dan meletakan firewall. Firewall adalah sebuah perangkat lunak / perangkat keras yang mengatur akses seseorang kedalam intranet. Proteksi dilakukan melalui berbagai parameter jaringan apakah itu IP address, nomor port dll. Jika firewall di aktifkan maka akses dapat dikontrol sehingga kita hanya dapat mengakses sebagian saja dari Intranet perusahaan tersebut yang kemudian dikenal sebagai extranet.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar